كشف فضيلة الشيخ الدكتور محمد بن هادي المدخلي -حفظه الله تعالى- شبهة من شبهات أهل التمييع، وهي احتجاجهم برواية الأئمة عن بعض المبتدعة على جواز أخذ العلم عنهم، حيث سئل فضيلته: يورد بعض الناس شبهة، وهي: أن بعض العلماء رووا عن بعض أهل البدع، فاستنبط من هذا أن يؤخذ العلم من المبتدعة.
فأجاب الشيخ -جزاه الله خيرا: الرواية غير التعليم، «لنا روايته وعليه بدعته»، ومع هذا نحن نقول: «ثقة خارجي»، «ثقة ناصبي»، «صدوق قدري»، «صدوق مرجئ»، نبين صدقه الذي يجيز لنا أخذ الرواية عنه، وبدعته عليه ومع ذلك لا نسكت عنها، لكن للأسف اليوم بعض الناس إذا أخذ على شيخ وتبين بعد ذلك البدع عنده أبدا لا يسمح بالكلام فيه، يريده "مسلمة لا شية فيها"، هذا غير صحيح؛ ليس الحجة بأنك أخذت عليه فتدافع عنه، أخذت عليه وأنت ما تعرفه، معذور، بعض مشايخنا أخذنا عليه خمس سنين، ثم بعد ذلك تبين أنه يدافع عن أسامة بن لادن، ويدافع عن جماعة التبليغ، ويدافع عن جماعة الإخوان، ويقول: أكثر علماء المملكة أشاعرة -وكذب والله-، نبقى لأنا درسنا عليه "مسلمة لا شية فيها"؟! لا بد أن نحذر منه، لا بد أن نقول: هذا باطل، وكلامه باطل، ولو أخذنا عنه، فلا يضيرك يا أخي كونك أخذت عنه أنك تدافع عنه وتريده على التمام، هذا غير صحيح.
فالتعليم غير الرواية؛ التعليم يجلس عليه، ويفهِّمه معاني هذه النصوص من الكتاب والسنة، فيشرحها له على فهم المبتدعة، فيصدر عن رأيه وفهمه، أما أهل العلم فإنهم حينما أخذوا الرواية أخذوا حديث رسول الله ﷺ فقط -ما أخذوا شرحه- ومشوا، ففرق بين هذا وبين هذا.
ولله الحمد نحن في غنى عنهم؛ فعلماء السنة ومشايخ السنة من الكثرة بمكان، فنحن لسنا بحاجة إلى المبتدعة حتى نكلف أنفسنا هذا التكلف الذي ذكره السائل، وهذا من جهة النساء.
Rekaman Suara Disini
Oleh Syaikh Dr. Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizahullah
Syaikh Dr. Muhammad bin Hadi al-Madkhali hafizahullah menyingkap satu syubhat ahli tamayyu'
(yang lembek, plin-plan manhajnya), yaitu berhujjahnya mereka dengan
periwayatan para imam dari sebagian ahli bid'ah tentang bolehnya
mengambil ilmu dari mereka, ketika beliau ditanya: Sebagian orang membawakan satu syubhat, yaitu bahwa sebagian ulama meriwayatkan dari sebagian ahli bid'ah, kemudian dia beristimbat dengan ini untuk mengambil ilmu dari para ahli bid'ah.
Syaikh menjawab:
Periwayatan bukan pengajaran. "Bagi kita periwayatannya dan atasnya bid'ahnya." Bersamaan dengan ini kita berkata: "Dia tsiqah seorang khawarij", "tsiqah seorang nashibiyah (pencela ahli bait)", shaduq seorang qadariyah", "shaduq
seorang murjiah." Kita menjelaskan kejujurannya yang membolehkan kita
untuk mengambil riwayat darinya, dan bid'ahnya ditanggung dirinya.
Bersamaan dengan ini kita tidak diam darinya.
Tapi
sangat disayangkan pada hari ini sebagian orang, jika seorang syaikh
dikritik, kemudian jelas setelah itu ada bid'ah-bid'ah disisinya,
selamanya tidak boleh membicarakannya. Dia menganggapnya "sempurna tak
ada cacatnya". Ini tidak benar. Bukanlah alasan engkau mengambil ilmu
darinya kemudian engkau membelanya. (Jika) engkau mengambil ilmu darinya
padahal engkau tidak tahu tentang dirinya, engkau ma'dzur.
Sebagian
masyayikh kita, kita kritik selama lima tahun, kemudian setelah itu
jelas bahwa dia membela Usamah bin Laden, membela Jamaah Tabligh,
membela Ikhwanul Muslimin. Dia mengatakan bahwa kebanyakan ulama
Kerajaan Saudi Arabia adalah pengikut Asy'ariyyah –dia berdusta demi
Allah-. Kita tetap tinggal karena kita belajar atasnya "sempurna tidak
ada cacat."
Mesti harus kita
memperingatkan darinya. Mesti kita mengatakan: "Ini bathil. Ucapannya
bathil." Meskipun kita mengambil ilmu darinya. Maka janganlah engkau
terganggu dengan keberadaanmu engkau mengambil ilmu darinya, kemudian
engkau membelanya dan menjadi muridnya secara sempurna. Ini tidak benar.
Maka
pengajaran bukanlah periwayatan. Pengajaran itu si murid duduk kepada
si guru, kemudian dia memberikan pemahaman kepada murid tentang
makna-makna nas-nas ini dari al-Kitab dan as-Sunnah. Kemudian gurunya
menjelaskannya kepada murid sesuai dengan pemahaman ahli bid'ah,
kemudian dia mengeluarkan dari akal dan pemahamannya. Adapun ahlul ilmi,
sesungguhnya mereka ketika mengambil riwayat, mereka mengambil hadits
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saja. Mereka tidak mengambil penjelasannya, kemudian pergi. Maka beda antara yang ini dan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.