Halaman

Sabtu, 31 Maret 2012

Hukum Menulis Pelajaran, Ahkam, Tajwid, atau Asbabun Nuzul Ayat Pada Mushaf Al-Qur'an

حكم الكتابة على المصحف للتعلم وكتابة الأحكام التجويدية والتنزيلات عليه
مقتبسة من مشاركة الأخ أبو محمد عبد الدائم الأثري -جزاه الله خيراً- بموقع معرفة السنن والآثار


[السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

قد انتشرت عادة بين طلبة مراكز تحفيظ القران
وهي : كتابة الأخطاء التي أخطأ فيها في الحفظ على هامش المصحف او بوضع خط تحت الأية
وإيضا كتابة أحكام تجويدية على هامش المصحف أو تفسير كلمات للقران أو إشارة بالأرقام
إلى عدد تنزيل الآية.
وقد رأيت من النصيحة لكتاب الله أن أجمع ما تيسر لي من أقوال العلماء في ذلك
وكان جوابهم رحم الله من مات منهم وحفظ الله من كان حيا

سُئلت اللجنة الدائمة

س: نحن جماعة من طلبة العلم نود دراسة أحكام الترتيل برواية ورش من طريق الأزرق، والمصاحف التي عندنا هي كذلك، لكن دراستنا تحتاج إلى تقييم الأحكام على هامش المصحف لكي نستحضرها حال القراءة، ونتلو القرآن كما أنزل امتثالاً لقوله تعالى: وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا . ومثال ذلك: قوله تعالى: مَا لَكَ لاَ تَأْمَنَّا عَلَى يُوسُفَ ، فنضع سطرًا تحت تأمنا ونكبت مقابلها في الهامش: يوجد فيها الإشمام والرَّوم.
1 - فهل تجوز الكتابة على هامش المصحف ؟
علمًا بأننا قد قرأنا في خاتمة مصحف الملك فهد ما نقله الشيخ الحذيفي من إجماع السلف على عدم كتابة أي شيء في المصحف غير القرآن.
وقد لاحظنا في هذا المصحف عدم كتابة عدد آيات السور للسبب السابق، فإن كان ذلك غير جائز، فما هي الطريقة التي نستطيع بها تعلم أحكام الترتيل؟
2 - هل يجوز كتابة سبب نزول بعض الآيات وتفسيرها بإيجاز على هامش المصاحف أم لا؟
3 - هل يجوز وضع بعض الأرقام عند بعض الآيات ( الكلمات ) من القرآن بغرض عدها وتقييد غريبها في الرسم واللفظ؟
مثال ما نفعله من وضع رقم ( 3 ) فوق كلمة ( أيه ) من الآية سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَا الثَّقَلاَنِ دلالة على وجودها في ثلاثة مواضع من القرآن.


الجواب : الأصل الذي جرى عليه عمل الأمة هو تجريد كتاب الله تعالى من أي إضافة إليه، ويبقى تداول المصحف برسمه المتداول بين المسلمين دون إضافة أو نقص.
لهذا ننصحك بترك ما ذُكر من التحشية على المصحف، وبوسعك أن تكتب ما تحتاج إليه في أوراق خاصة تشير إلى اسم السورة ورقم الآية، فتجمع بين المحافظة على كتاب الله تعالى، وبين تقييد ما يفيدك ويعينك على فهمه.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو عضو عضو نائب الرئيس الرئيس
بكر أبو زيد صالح الفوزان عبد الله بن غديان عبد العزيز آل الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز
الفتوى رقم ( 18618 )

...............................

وقد سئل فضيلة الشيخ العلامة سماحة الوالد عبدالعزيز بن باز رحمه الله
وكان السؤال :هل تجوز كتابة بعض الأحكام التجويدية فوق الآيات في المصحف؟


لا يجوز أن يكتب شيء، المصحف لا يكتب فيه شيء، مجرد إلا من كلام الله- جل وعلا-، لا يكتب حواشي, ولا علامات تجويدية ولا غير ذلك؛ لأن المصحف يجب أن يجرده، ويكون خالصاً لكلام الله- عز وجل-.
مصدر الفتوى من هنا

..............................

وسئل أيضا فقيه العصر الشيخ العلامة محمد بن صالح العثيمين رحمه الله.
فكان السؤال :
فضيلة الشيخ! ظاهرة تظهر عند طلاب المدارس وعند طلاب جماعات تحفيظ القرآن؛ وهي الاستهانة في القرآن الكريم والكتابة عليه وكتابة أشياء لا تليق في هذا الكتاب العزيز، ما هي النصيحة للمسئولين عن هذه المدارس؟

الجواب:
الواجب على المسلمين أن يُعظِّمُوا كلام الله -عزَّ وجلَّ- وأن يحترموه؛ ولهذا وجب على من أراد أن يمس القرآن أن يتوضأ تكريمًا لهذا القرآن وتعظيمًا له، ولا يجوز أن يكتب على القرآن عبارات لا تليق؛ بل حتى العبارات التي تليق مثل أن تكون تفسيرًا لكلمة أو ما أشبهها الأفضل ألا تكتب على القرآن حتى? لا يختلط في القرآن غيره.
وإذا وقع هذا على الطلبة فواجب المسئولين على الطلبة من المراقبين والأساتذة أن يعاقبوا من فعل هذا بما يرونه رادعًا لهم ولأمثالهم.
المصدر: لقاء الباب المفتوح (اللقاء: 88/ الوجه الثاني السؤال الأول)

.............................

وسئل في هذا الشيخ العلامة عبدالعزيز الراجحي رحمه الله
وكان السؤال :
بعض الطلاب في المدارس يحتاجون إلى الكتابة على هامش المصحف يومياً، فهل يجوز ذلك، علماً بأن المصحف لا يحتفظ به الطالب بعد نهاية السنة؟


الجواب: لا ينبغي الكتابة على المصحف ولو في جوانبه، وإنما يُكتب في ورقة، والأوراق متوفرة وأما المصحف فينبغي الاحتفاظ به، فإذا استغنى عنه فليعطه من ينتفع به ويقرأ فيه، أو يوضع في المسجد، وإذا تمزق فيحرق أو يدفن في أرض طاهرة.

المصدر :( فتاوى منوعة الشريط [18] الدقيقة 14 :23 )

...............................

وسئل في هذا أيضا الشيخ العلامة زيد بن هادي المدخلي حفظه الله
والسؤال :
هل يجوز كتابة بعض الأحكام التي يلقيها الشيخ من التجويد على هامش المصحف؟

فأجاب حفظه الله :
يختار له كراسة , هذا الطالب يختار له كراسة, ولا يعلق على جوانب المصحف, فيشوش على
من قرأ في المصحف, عليه أن يتخذ كراسة مرافقة للمصحف ويقيد من أحكام التجويد
ما شاء أن يقيد فيها. هذا رأيي في الموضوع.
صوتيا هنا

..........................

وقد قمت بسؤال الشيخ الماهر الظافر القحطاني حفظه الله في ما مضى
وكان نص سؤالي له:
ماحكم الخط علي المصحف بقلم رصاص للتعلم فضيلة الشيخ ... علما بأن الخطوط
تكون للمتعلم لمعرفة أخطائه في القران وتداركها .... وبعد الحفظ يتم مسح الخطوط ؟


فأجاب حفظه الله:
ينبغي أن ينزه المصحف عن مثل هذا تكريما له وتزيها من العبث والتجرأ عليه
ولأن مثل هذه الخطوط قد تبقى فيتلبس أمرها على من يقرأ منه
قال تعالى ومن يعظم شعائر الله فإنها من تقوى القلوب
ولينقل من المصحف في ورقة وليتعلم فيها كما شاء وليدع المصحف مصانا عن مثل ذلك التخطيط
قال تعالى ومن يعظم شعائر الله فإنها من تقوى القلوب

ومن هنا صفحة الفتوى السؤال الثالث
بارك الله في مشائخنا ونسأل الله ان يدخلهم جنات النعيم
ومن كان لديه كلام لأهل العلم في هذه المسألة فليفيدنا به وجزاكم الله خيرا


Telah merata kebiasan di antara para penuntut ilmu (santri) madrasah tahfizh Al-Qur’an, menulis kesalahan dalam menghafal di pinggiran mushaf atau dengan memberi garis di bawah ayat, demikian juga menulis hukum tajwid pada pinggiran mushaf atau menulis tafsir kata-kata dalam al-qur’an atau memberi catatan jumlah ayat.
Aku melihat termasuk dari 'nasehat untuk kitabullah' untuk mengumpulkan bimbingan para ulama yang dimudahkan untukku tentang hal itu. Berikut ini merupakan jawaban mereka, semoga Allah merahmati yang sudah meninggal dari mereka dan menjaga yang masih hidup dari mereka.
-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -
 
 
 
Lajnah ad-Daimah ditanya: kami sekumpulan penuntut ilmu senang dengan pelajaran ahkam tartil dengan riwayat Warsy dari jalan al-Azraq, dan mushaf-mushaf yang ada di sisi kami juga demikian. Akan tetapi pelajaran kami butuh pada mendaftar hukum-hukum tersebut pada pinggiran mushaf agar kami bisa mengingatnya pada saat qiraah (membaca mushaf). Kami membaca al-Qur’an sebagaimana diturunkan sebagai pelaksanaan firman Allah:
وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا
“Bacalah al-Qur’an dengan tartil.”
Yang semisal dengan itu firman Allah ta’ala:
مَا لَكَ لاَ تَأْمَنَّا عَلَى يُوسُفَ
Maka kami meletakkan garis di bawah (تَأْمَنَّا) dan kami menulis berhadapan dengan itu di pinggiran mushaf: ditemukan padanya al-Isymam dan ar-Raum.

  1. Apakah boleh memberikan tulisan pada pinggiran kitab? Perlu diketahui bahwa kami telah membaca pada penutup mushaf cetakan al-Malik Fahd apa yang dinukil oleh Syaikh al-Hudzaifi tentang ijma’ salaf untuk tidak menulis apapun dalam mushaf selain al-Qur’an. Dan kami telah memberikan peringatan pada mushaf ini untuk tidak menulis jumlah ayat-ayat karena alasan hal itu. Jika hal itu tidak boleh, maka apa cara yang kami mampu untuk mengajarkan hukum-hukum tartil?
  2. Apakah boleh menulis asbab nuzul sebagian dan menafsirkannya secara ringkas pada pinggiran mushaf atau tidak boleh?
  3. Apakah boleh meletakkan nomor-nomor pada ayat-ayat (kata-kata) dari al-Qur’an dengan tujuan untuk menghitung dan membatasi yang gharib baik pada rasm atau lafadz? Seperti kami memberi angka 3 di atas kata (أيه) dari ayat (سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَا الثَّقَلاَنِ) untuk menunjukkan hal itu ada di tiga tempat di al-Qur’an.
Jawab:
Asalnya yang diamalkan oleh ummat Islam adalah tidak menambahi apapun pada kitabullah, dan mushaf al-Qur’an diwariskan diantara kaum muslimin tanpa tambahan atau pengurangan.
Oleh karena itu kami menasehatimu untuk meninggalkan perbuatan yang telah disebutkan yaitu memberi catatan pinggiran pada mushaf, dan engkau bisa menulis apa yang kau butuhkan pada lembaran khusus, dimana engkau mengisyaratkan nama surat dan nomor ayat, sehingga engkau menggumpulkan (dua hal, yaitu) menjaga kitabullah dan mencatat yang memberimu faedah serta membantumu untuk memahami kitabullah.
Dan taufik hanya dengan pertolongan Allah. Semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para shahabatnya.
Lajnah ad-Daimah Lil Buhuts al-Ilmiyyah Wal Ifta
Anggota: Bakr Abu Zaid
Anggota: Shalih al-Fauzan
Anggota: Abdullah bin Ghudyan
Wakil: Abdul Aziz Alu asy-Syaikh
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Fatwa No. 18618
 -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -
 
 
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah pernah ditanya: Apakah boleh menulis sebagian hukum tajwid di mushaf al-Qur’an?
Jawab:
Tidak boleh ditulis apapun pada mushaf. Mushaf tidak ditulis padanya sesuatupun. Mushaf itu bersih kecuali dari kalamullah. Tidak ditulis catatan pinggiran, tidak juga tanda-tanda tajwid dan lainnya, karena mushaf itu wajib untuk dimurnikan dan khusus untuk kalamullah. 
Sumber Fatwa :  Klik Disini

-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  - 
 
 
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah pernah ditanya: Wahai Syaikh Yang Mulia, satu fenomena yang muncul di kalangan para penuntut ilmu madrasah dan jamaah tahfizhul qur’an, yaitu melakukan sikap peremehan al-Qur’an al-Karim dan memberikan tulisan padanya dan memberikan tulisan yang tidak pantas pada al-Qur’an ini. Apa nasehat anda kepada para penanggung jawab madrasah-madrasah ini?
Jawab:
Wajib atas kaum muslimin untuk mengagungkan kalamullah dan menghormatinya. Oleh karena itu wajib bagi orang yang ingin menyentuh al-Qur’an untuk berwudhu sebagai pemuliaan dan pengagungan untuknya. Tidak boleh untuk memberikan tulisan dengan catatan-catatan yang tidak pantas pada al-Qur’an. Bahkan walaupun catatan-catatan itu pantas, seperti tafsir satu kata atau yang semisalnya. Yang lebih utama untuk tidak memberikan tulisan pada al-Qur’an sehingga al-Qur’an tidak tercampur dengan yang lainnya.
Jika ini terjadi pada para penuntut ilmu (santri), kewajiban para penanggung jawab seperti ustadz-ustadz atau pengawas untuk memberikan hukuman orang yang melakukan demikian dengan perkara yang mereka pandang bisa menyadarkan mereka dan orang semisal mereka. (Liqa Bab al-Maftuh, pertemuan 88 side B soal 1)
 
-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -
 
 
Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajihi rahimahullah pernah ditanya: Sebagian penuntut ilmu (santri) madrasah butuh untuk menulis pada pinggiran mushaf secara harian. Apakah itu boleh, padahal telah diketahui bahwa mushaf itu tidak diperhatikan penuntut ilmu (santri) setelah selesai tahun?
Jawab:
Tidak sepantasnya untuk memberikan tulisan pada mushaf meskipun di sisi-sisinya. Tetapi hendaknya diberikan catatan pada satu kertas. Dan kertas itu tersedia banyak sedangkan mushaf seharusnya dijaga. Jika mushaf tidak dibutuhkan seseorang hendaknya diberikan kepada orang yang bisa memanfaatkannya dan membacanya atau diletakkan di masjid. Jika robek, hendaknya dibakar atau dipendam di tanah yang suci. (Fatawa Munawwa’ah Kaset 18 detik 14:23)
-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -



Syaikh Zaid bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah pernah ditanya: Apakah boleh memberikan tulisan sebagian hukum-hukum tajwid yang diberikan seorang guru pada pinggiran mushaf?
Jawab:
Dia hendaknya memilih buku tulis, santri ini hendaknya memilih satu buku tulis dan tidak memberikan catatan pada sisi mushaf yang bisa megacaukan orang yang membaca mushaf. Hendaknya dia mengambil satu buku tulis yang diiringkan dengan mushaf dan mencatat hukum-hukum tajwid yang dia kehendaki pada buku tulis itu. Ini pendapatku dalam masalah ini.
Dengarkan Fatwanya: Di Sini
-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -



Aku (Abu Muhammad Abdud Daim Al-Atsari) pernah bertanya kepada Syaikh al-Mahir Azh-Zhafir Al-Qahtani hafizhahullah: Apa hukum memberikan tulisan pada mushaf dengan pensil untuk belajar, wahai syaikh, dan perlu diketahui tulisan itu oleh para pelajar (santri) untuk mengetahui kesalahan-kesalahannya pada al-Qur’an dan koreksinya. Setelah hafalannya sempurna dia menghapus tulisan itu?
Jawab:
Sepantasnya untuk membersihkan mushaf dari semisal ini untuk memuliakannya dan mensucikannya dari sikap sia-sia dan lancang terhadapnya.
Karena kadang tulisan ini kadang masih ada, sehingga menyamarkan orang yang membacanya. Allah berfirman:
ومن يعظم شعائر الله فإنها من تقوى القلوب
“Barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah, maka itu termasuk dari ketakwaan hati.”
Hendaknya dia memindahkan dari mushaf ke satu lembar dan hendaknya dia mencatat pelajaran padanya dan membiarkan mushaf terjaga dari catatan-catatan semisal ini. Allah berfirman: (yang artinya) “Barangsiapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah, maka itu termasuk dari ketakwaan hati.”  
 
Sumber:  Klik Di Sini (Lihat Pertanyaan ke3)
 
-  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -  -   -
 
 
 
Semoga Allah memberkahi syaikh-syaikh kita. Dan kami memohon Allah untuk memasukkan mereka ke dalam surga.
Dan barangsiapa yang memiliki ucapan para ulama dalam masalah ini, hendaknya memberikan faedah kepada kami. Semoga Allah membalas kebaikan kalian.
Dicuplik dari kumpulan fatwa ulama oleh Abu Muhammad Abdud Daim Al-Atsari, 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.